Minggu, 15 Mei 2011

PASAR GLOBAL


Pemasaran Global
Sasaran pengetahuan secara objektif:
1.      Memahami bagaimana perkembangan ekonomi dunia setelah masa sekarang.
2.      Mengetahui dampak dari globalisasi pada disiplin pemasaran.
3.      Belajar tentang saling ketergantungan antara arah manajemen dengan hasil kegiatan pemasaran.
4.      Memahami faktor-faktor yang mendukung atau menghambat aktivitas pemasaran internasional.

Pemasaran : suatu disiplin universal
1.      Pemasaran (1) : proses memusatkan sumber daya dan sasaran hasil dari suatu organisasi pada peluang lingkungan dan kebutuhan.
2.      Pemasaran (2) : Kumpulan dari konsep, alat, teori, kebiasaan, prosedur dan pengalaman.
3.      Walaupun pemasaran adalah sebuah disiplin ilmu yang bersifat universal, pelaksanaan bervariasi dari Negara ke Negara.

Konsep pemasaran (1)
1.      Konsep berganti secara dinamis
2.      1950-an memusatkan pada produk
3.      Tahun 1960-an memusatkan pada orientasi pelanggan/konsumen dan mengembangkan bauran pemasaran : produk, harga, distribusi, promosi
4.      Tahun 1990-an memusatkan pada pelanggan dalam konteks lingkungan eksternal yang lebih luas persaingan, kebijakan, dan peraturan pemerintah
5.      Memusatkan pada perhatian pada nilai-nilai dari para pihak yang berkepentingan.

Konsep pemasaran (2)
Tiga prinsip dalam pemasaran
1.      Nilai pelanggan
2.      Perbedaan
3.      Pemusatan


Unsur kunci pemasaran
1.      Nilai pelanggan > tujuan >menciptakan nilai pelanggan yang lebih besar disbanding nilai yang diciptakan oleh pesaing.
Strategi> Menambah atau memperbaiki produk dan layanan yang bermanfaat, mengurangi harga, menggambungkan dua elemen diatas.

Unsur kunci pemasaran lanjutan
2.      Perbedaan : Tujuan> menciptakan keunggulan bersaing melalui perbedaan, keunggulan dapat berada disetiap elemen yang ditawarkan perusahaan, dan satu cara untuk menembus suatu pasar nasional baru dengan menawarkan suatu produk unggul pada suatu harga yang lebih murah
3.      Pemusatan : Tujuan>Konsentrasi pada sumber daya dan perhatian, kebutuhan untuk menciptakan nilai pelanggan pada keunggulan yang kompetitif, suatu cara bertahan untuk perusahaan kecil dan menengah untuk mencapai posisi yang dominan dalam paasar dunia dan suatu pemusatan yang jelas pada apa yang konsumen butuhkan dan inginkan.





Pemasaran Global
Disiplin dalam pemasaran global adalah universal tetapi pasar dan konsumen adalah sungguh berbeda.
Tiga daerah bagian pengetahuan :
1.      Pengetahuan lintas budaya
2.      Pengetahuan Negara/regional
3.      Pengetahuan tentang transaksi lintas Negara

Pentingnya Pemasaran Global
1.      Dunia Internasional menjadi penting bagi perusahaan besar untuk memaksimalkan potensi pertumbuhannya.
2.      75% tentang potensi pasar adalah diluar Amerika Serikat
3.      94% tentang potensi pasar Jerman diluar Negara Jerman
4.      Sejumlah besar industri akan dikuasai oleh sedikit banyak perusahaan global

Daya Penggerak Kekuatan yang Mempengaruhi Pemasaran Global
1.      Teknologi
2.      Perjanjian-perjanjian ekonomi regional
3.      Kebutuhan dan keinginan pasar
4.      Biaya pengembangan produk
5.      Kualitas
6.      Kecenderungan ekonomi dunia
7.      Pengaruh/kekuatan
8.      Global/badan hokum yang melakukan transaksi

Pengendalian Kekuatan yang mempengaruhi Pemasaran Global
1.      Manajemen Myopia dan Kultur Organisasi
2.      Kendali dan penghalang nasional
3.      Pemasaran global adalah proses dalam memusatkan sumber daya pada peluang pemasaran global
4.      Tujuannya untuk menciptakan nilai pelanggan dan keunggulan persaingan dengan melayani secara focus
5.      Arti penting pemasaran global adalah keadaan yang dibentuk oleh berbagai penggerak dan kekuatan pengendalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar