Minggu, 15 Mei 2011

PEMASARAN LANGSUNG DAN ONLINE

PEMASARAN LANGSUNG

Pemasaran langsung merupakan komunikasi langsung dengan pelanggan individu yang di bidik secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama

Ada model-model bisnis yang langsung kepelanggan:
1.      Harga wajar untuk kinerja tinggi
2.      Kostuminasi
3.      Layanan dan dukungan
4.      Nilai yang unggul bagi pemegang saham

Ada juga manfaat-manfaat pemasaran langsung
Manfaat bagi pembeli:
1.      Nyaman
2.      Akses dan pilihan produk yang lebih besar
3.      Interaktif dan segera
4.      Memberi akses kebanyak informasi

Manfaat bagi penjual:
1.      Merupakan alat yang ampuh untuk pembentukan hubungan dengan konsumen.
2.      Dapat ditentukan waktunya agar menjangkau calon pelanggan pada saat yang paling tepat.
3.      Menekan biaya dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi.
4.      Fleksibel.
5.      Medium Global.   

Baris Data Pelanggan (Customer Data Base)

Merupakan kumpulan yang terorganisasi atas data yang menyeluruh tentang pelanggan atau calon pelanggan individu, yang meliputi data geografis,demografis,psikografis, dan prilaku.


Pemasaran berdasarkan Basis Data (database marketing)

Adalah proses membangun, memelihara dan menggunakan basis data pelanggan dari basis data lain dengan tujuan melakukan kontak dan transaksi dengan pelanggan.



Perusahaan-perusahaan menggunakan Basis Data dalam 4 cara:
1.      Mengidentifikasikan calon pelanggan.
2.      Memutuskan pelanggan mana yang akan menerima tawaran khusus.
3.      Memperdalam kesetiaan pelanggan.
4.      Mengaktifkan kembali pembelian pelanggan.

Bentuk-bentuk Pemasaran Langsung
1.      Pemasaran tatap muka.
2.      Pemasaran jarak jauh.
3.      Pemasaran melalui surat langsung.
4.      Pemasarran melalui catalog.
5.      Pemasaran melalui televisi yang menghasilkan tanggapan langsung.

Pemasarana Online
Pemasaran online dilakukan melalui system computer online interaktif, yang menghubungkan pembeli dan penjual secara elektronik.

Ada 2 jenis saluran pemasaran online:
1.      Layanan Online Komersial, internet layanan yang menawarkan informasi dan layanan pemasaran online kepada pelanggan yang membayar biaya bulanan.
2.      Internet, Web global jaringan computer yang luas dan berkembang pesat yang tidak mempunyai manejemen dan kepemilikan sentral.

Pertumbuhan Pemasaran online
Perdagangan elektonik adalah istilah umum untuk proses pembelian dan penjualan yang didukung oleh sarana elektronik.

Konsumen online
Konsumen online adalah pengguna internet.

Ada beberapa cara melakukan pemasaran online:
1.      Menciptakan kehadiran online elektornik.
2.      Menetapkan iklan online.
3.      Berpartisipasi dalam forum.
4.      Menggunakan E-mail dan Webcasting.

Peluang dan tantangan Pemasaran Online
Peluang dan pemasaran online adalah menjadi model bisnis yang penuh dan lengkap dengan beberapa perusahaan.



Tantangan pemasaran online:
1.      Keterpaparan dan pembelian konsumen yang terbatas.
2.      Demogratis dan Psikgrafis pengusaha menjadi menyimpang.
3.      Kakacauan dan kesemrawutan.
4.      Keamanan.
5.      Kepedulian etis.

Pemasaran langsung terpadu
Merupakan kampanye pemasaran langsung yang menggunakan sarana dan tahap ganda untuk memperbaiki tingkat tanggapan dan laba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar