Jumat, 23 September 2011

ANALISIS JURNAL

ANALISIS PENGARUH KESADARAN MEREK,
KERAGAMAN MENU, PROMOSI DAN KUALITAS
PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN
UNTUK MEMBELI DI PIZZA HUT DP MALL SEMARANG

Nama Pengarang : Reza Ryandi Aditya
Tahun                  : Maret 2011
Tema                   : Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

  • Latar belakang masalah
Perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin pesat, tidak hanya berakibat pada sektor pendidikan, sektor ekonomi dan budaya juga ikut terpengaruh.Perubahan kebudayaan juga tidak dapat dihindari, salah satu perubahan budaya yang terjadi adalah makanan siap saji yang sebelumnya diIndonesia belum ada, akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman makanan siap saji banyak dijual di Indonesia. Fenomena yang berkembang dalam
masyarakat dunia ketiga termasuk Indonesia yaitu adanya kecenderungan terjadinya perubahan gaya hidup (life style), akibat dari ekspansi industri pangan yang dimanifestasikan kedalam bentuk restoran siap saji. Generasi muda lebih suka makan dan menghabiskan waktu ke mall, ke cafe dan tentunya dengan makanan-makanan ala barat atau restoran siap saji, McD, Pizza Hut dan lain sebagainya.
  • Penelitian sebelumnya
Dalam jurnal ini penulis hanya mencantumkan salah satu sumber penelitiannya terdahulu yaitu.Menurut Humdiana (2005: 4)
  • Motivasi Penelitian
Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dalam menganalisis pengaruh kesadaran merek, keragaman produk, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian.

  • Masalah

Dengan fluktuasi jumlah pengunjung cukup tajam seperti yang terjadi pada Pizza Hut DP Mall Semarang akan membawa dampak buruk bagi manajemen perusahaan, karena perusahaan tidak dapat memprediksi jumlah pengunjung dengan baik, sebagai dampaknya akan terjadi spoil (sisa) pada produk yang telah di buat apabila perusahaan menetapkan prediksi terlalu tinggi,yang kemudian dapat merugikan perusahaan karena cost atau biaya meningkat. Sebaliknya akan terjadi kekosongan produk apabila prediksi terlalu rendah, ehingga tidak dapat menyajikan produk sesuai waktu yang dijanjikan atau tidak standar. Berdasarkan uraian di atas, maka masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan dan mempertahankan penjualan Pizza Hut DP Mall Semarang. Berdasarkan permasalahan di atas, maka pertanyaan dalam penelitian ini adalah :
  1.  Apa pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian di Pizza Hut DP Mall Semarang?
  2. Apa pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di Pizza Hut DP Mall Semarang ?
  3. Apa pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Pizza Hut DP Mall Semarang ?
  • Tujuan Penelitian
Tujuan dalam penelitian ini adalah :
  1. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian di Pizza Hut DP Mall Semarang.
  2. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh keragaman menu terhadap keputusan pembelian di Pizza Hut DP Mall Semarang.
  3. Untuk menguji keputusan pembelian di Pizza Hut DP Mall Semarang dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar