Jumat, 23 September 2011

ANALISI JURNAL

ANALISIS PROSES KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN
MAKANAN SIAP SAJI DI KENTUCKY FRIED CHICKEN CABANG
PAJAJARAN, BOGOR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP
BAURAN PEMASARAN

Nama Pengarang   : YUGI RAMDHANI
Tahun                   : November 2005
Tema                    : Faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

  • Latar belakang masalah
Menghadapi persaingan yang semakin ketat, banyak usaha yang dilakukan
Perubahan pada  pola  konsumsi  masyarakat  yang  beranekaragam, memunculkan konsep penghidangan makanan yang praktis, salah satunya adalah jenis fast food (makanan cepat saji). Peluang usaha ini dimanfaatkan oleh banyak pemilik modal dalam industri restoran fast food. Salah satu industri yang bergerak di  bidang  pengelola  restoran  siap  saji  adalah  PT.  Fast  Food Indonesia,  Tbk dengan merek dagang Kentucky Fried Chicken (KFC) 

oleh  perusahaan  seperti  penekanan  pada  biaya alat  dan  sarana  produksi  dan peningkatan efisiensi produksi, dimana keduanya bertujuan untuk menekan harga jual  produknya  menjadi lebih  murah dibandingkan dengan pesaing  atau  melalui  perbaikan  mutu kemasan,  peningkatan kualitas  produk,  pengembangan produk, perbaikan saluran distribusi dan lain sebagainya. Di  antara  sejumlah kegiatan  tersebut,  salah  satu yang  dirasakan paling
penting  adalah  memahami  proses  keputusan konsumen.  Pemahaman  proses 
keputusan konsumen  mencakup beberapa  tahapan  yaitu pengenalan kebutuhan,
pencarian  informasi, evaluasi  alternatif,  pembelian dan hasil.  Dari  proses
keputusan tersebut dapat diperoleh gambaran umum mengenai produk seperti apa
yang sesungguhnya dibutuhkan dan diharapkan oleh konsumen.
  • Penelitian sebelumnya
Dalam jurnal ini penulis mencantumkan beberapa sumber penelitian terdahulu (Accorn,2002),Danareksa Research Institute dalam Majalah Swasembada (2004),  
PT Fast Food Indonesia TBK (2003).
  • Motivasi penelitian 
  1. untuk  dapat merencanakan,  menerapkan dan  mengevaluasi  strateg pemasaran. 
  2. agar  penelitian  ini  berguna  sebagai sarana  melatih  diri  dalam  mengamati  gejala  yang  terjadi  di masyarakat  dan kemudian  menghubungkannya  dengan  teori-teori  yang  ada.
  3. penelitian  ini  dapat memberikan informasi  mengenai  perilaku konsumen  dalam  pengambilan keputusan  terhadap suatu produk  yang  dapat  digunakan  sebagai  studi  perbandingan untuk  penelitian 
  • Masalah
Setelah  memahami  karakteristik konsumen dan proses  keputusan konsumen dalam  pembelian produk di  KFC  maka  pihak  perusahaan  harus memikirkan strategi apa yang harus diterapkan agar produknya bisa diterima oleh konsumen. Berdasarkan  uraian  di  atas,  maka  dapat  dirumuskan beberapa permasalahan, yaitu:

  1. Bagaimana karakteristik responden KFC?
  2. Bagaimana proses keputusan konsumen dalam pembelian di KFC?
  3. Bagaimana posisi relatif kinerja atribut-atribut KFC dibandingkan dengan Mc.Donald’s dan CFC?
  4. Bagaimana  tingkat  kepentingan dan tingkat  kinerja  atribut-atribut  KFCmenurut konsumen?
  5.  Apa strategi pemasaran yang sesuai berdasarkan perilaku konsumen terhadap KFC agar dapat bersaing dengan Mc. Donald’s ?
  • Tujuan penelitian
  1. Mendeskripsikan karakteristik responden KFC.
  2.  Menganalisis proses keputusan konsumen dalam pembelian di KFC.
  3. Menganalisis  posisi  relatif  kinerja  atribut-atribut  KFC,  Mc.  Donald’s  dan CFC. 
  4. Menganalisis  tingkat  kepentingan dan  tingkat  kinerja  atribut-atribut  KFC menurut konsumen.
  5. Menyusun strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan di KFC agar dapat bersaing dengan Mc. Donald’s.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar