ANALISIS PROSES KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN
MAKANAN SIAP SAJI DI KENTUCKY FRIED CHICKEN CABANG
PAJAJARAN, BOGOR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP
BAURAN PEMASARAN
Nama Pengarang : YUGI RAMDHANI
Tahun : November 2005
Tema : Faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
- Latar belakang masalah
Menghadapi persaingan yang semakin ketat, banyak usaha yang dilakukan
Perubahan pada pola konsumsi masyarakat yang beranekaragam, memunculkan konsep penghidangan makanan yang praktis, salah satunya adalah jenis fast food (makanan cepat saji). Peluang usaha ini dimanfaatkan oleh banyak pemilik modal dalam industri restoran fast food. Salah satu industri yang bergerak di bidang pengelola restoran siap saji adalah PT. Fast Food Indonesia, Tbk dengan merek dagang Kentucky Fried Chicken (KFC)
oleh perusahaan seperti penekanan pada biaya alat dan sarana produksi dan peningkatan efisiensi produksi, dimana keduanya bertujuan untuk menekan harga jual produknya menjadi lebih murah dibandingkan dengan pesaing atau melalui perbaikan mutu kemasan, peningkatan kualitas produk, pengembangan produk, perbaikan saluran distribusi dan lain sebagainya. Di antara sejumlah kegiatan tersebut, salah satu yang dirasakan paling
penting adalah memahami proses keputusan konsumen. Pemahaman proses
keputusan konsumen mencakup beberapa tahapan yaitu pengenalan kebutuhan,
pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan hasil. Dari proses
keputusan tersebut dapat diperoleh gambaran umum mengenai produk seperti apa
yang sesungguhnya dibutuhkan dan diharapkan oleh konsumen.
- Penelitian sebelumnya
PT Fast Food Indonesia TBK (2003).
- Motivasi penelitian
- untuk dapat merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi strateg pemasaran.
- agar penelitian ini berguna sebagai sarana melatih diri dalam mengamati gejala yang terjadi di masyarakat dan kemudian menghubungkannya dengan teori-teori yang ada.
- penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan terhadap suatu produk yang dapat digunakan sebagai studi perbandingan untuk penelitian
- Masalah
Setelah memahami karakteristik konsumen dan proses keputusan konsumen dalam pembelian produk di KFC maka pihak perusahaan harus memikirkan strategi apa yang harus diterapkan agar produknya bisa diterima oleh konsumen. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan, yaitu:
- Bagaimana karakteristik responden KFC?
- Bagaimana proses keputusan konsumen dalam pembelian di KFC?
- Bagaimana posisi relatif kinerja atribut-atribut KFC dibandingkan dengan Mc.Donald’s dan CFC?
- Bagaimana tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut-atribut KFCmenurut konsumen?
- Apa strategi pemasaran yang sesuai berdasarkan perilaku konsumen terhadap KFC agar dapat bersaing dengan Mc. Donald’s ?
- Tujuan penelitian
- Mendeskripsikan karakteristik responden KFC.
- Menganalisis proses keputusan konsumen dalam pembelian di KFC.
- Menganalisis posisi relatif kinerja atribut-atribut KFC, Mc. Donald’s dan CFC.
- Menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut-atribut KFC menurut konsumen.
- Menyusun strategi pemasaran yang sesuai untuk diterapkan di KFC agar dapat bersaing dengan Mc. Donald’s.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar