Jumat, 20 Juli 2012

BAB I

PENDAHULUAN
1.1    LATAR BELAKANG
Perum pegadaian memiliki peran yang penting  demi terciptanya kesejahteraan masyarakat. Dengan sifat pelayanan melalui prosedur yang sederhana dan cepat , tentunya menjadikan Perum Pegadaian sebagai alternative pembiayaan bagi masyarakat karena relatif  lebih mudah dalam pemenuhan persyaratannya (www.pegadaian.co.id) .
Laporan keuangan adalah dua daftar yang disusun oleh akuntan pada akhir periode untuk suatu perusahaan. Kedua daftar itu adalah daftar neraca atau daftar posisi keuangan dan daftar pendapatan atau daftar laba rugi. Pada waktu akhir-akhir ini sudah menjadi kebiasaan bagi perseroan-perseroan untuk menambahkan daftar ketiga yaitu daftar surplus atau daftar laba yang tak dibagikan (Munawir , 2005)
Analisis laporan keuangan meliputi penelaahan tentang hubungan dan hasil kecenderungan atau trend dan untuk mengetahui apakah keadaaan keuangan, hasil usaha dan kemajuan keuangan perusahaan : memuaskan atau tidak memuaskan. Analisis dilakukan dengan mengukur hubungan antara unsur-unsur itu dari tahun ke tahun untuk mengetahui arah perkembangannya (Djarwanto, 2001). Sedangkan analisis rasio keuangan sangat diperlukan bagi penilaian prestasi yang telah dilakukan oleh sebuah perusahaan. Dengan dilakukan analisis rasio keuangan ini, diharapkan dapat membantu dalam mengadakan analisis kondisi intern perusahaan pada umumnya dan kondisi keuangan pada khususnya.
Rasio keuangan berguna bagi analis internal untuk membantu manajemen membuat evaluasi tentang hasil hasil opreasi perusahaan, memperbaiki kesalahan - kesalahan dan menghindari keadaan yang dapat menyebabkan kesulitan keuangan. Suatu rasio akan lebih bernilai bila diperbandingkan dengan rasio yang lain (Handayani, 2005).
Rasio yang digunakan untuk menganalisis kinerja suatu perusahaan diantaranya, rasio likuiditas yaitu rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar utang-utang (kewajiban) jangka pendeknya yang jatuh tempo, rasio solvabilitas yaitu rasio yang digunakan untuk mengukur sejauh mana aktiva perusahaan dibiayai dengan utang , Analisis rasio rentabilitas dapat diketahui dari kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dan besarnya modal perusahaan yang akan digunakan, baik modal sendiri maupun modal asing (Kasmir,123 ;2003).
Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan diatas , maka judul yang diambil untuk dijadikan penelitian adalah : “ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUM PEGADAIAN KANTOR PUSAT JAKARTA”

1.2    PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka perumusan masalah yang dapat diambil adalah :
1.                  Bagaimana rasio likuiditas, profitabilitas, dan solvabilitas Perum Pegadaian Kantor Pusat Jakarta pada tahun 2006 sampai dengan tahun 2010 ?
2.                  Bagaimana kinerja keuangan Perum Pegadaian Kantor Pusat Jakarta pada tahun 2006 sampai dengan tahun 2010 ?

1.3    TUJUAN PENELITIAN
Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.      Untuk mengetahui dan menganalisis rasio likuiditas, profitabilitas, dan solvabilitas Perum Pegadaian Kantor Pusat Jakarta pada tahun 2006 sampai dengan tahun 2010.
2.      Untuk mengetahui dan menganalisis kinerja keuangan Perum Pegadaian Kantor Pusat Jakarta pada tahun 2006 sampai dengan tahun 2010.



1.4    PEMBATASAN MASALAH
Mengingat keterbatasan yang dimiliki penulis baik teknis maupun teoritis serta memperjelas penelitian maka penulis membatasi pada perhitungan rasio likuiditas , profitabilitas, dan solvabilitas. Data yang digunakan adalah data laporan keuangan Perum Pegadaian kantor pusat jakarta pada tahun 2006 sampai dengan tahun 2010.

1.5    MANFAAT PENELITIAN
1.                  Bagi Akademis
Penelitian ini dapat diharapkan meningkatkan pengetahuan tentang ilmu yang diserap dibangku kuliah dan aplikasinya didunia kerja sebenarnya.
2.                  Bagi Praktis
Penelitian ini diharpakan menjadi bahan pemikiran dan pertimbangan dalam merencanakan dan menetapkan kebijakan-kebijakan perusahaan dimasa yang akan datang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar