Minggu, 15 Mei 2011

PEMASARAN SATU PERSATU (One To One Marketing)


One To One Marketing
One to one marketing adalah tehnik memasarkan produk dengan cara memberikan produk dan jasa kepada pelanggan sesuai dengan hasil identifikasi terhadap kebutuhan dan preferensi mereka masing-masing.

One To One Marketing terdiri dari 2 jenis, yaitu Personalization dan Customization.

Personalization
Personalization adalah mengumpulkan data dan memanfaatkan data yang diperoleh.
Personalization terjadi ketika perusahaan mengambil keputusan marketing mix yang sesuai, berdasarkan dengan kumpulan data pelanggan yang telah diperoleh.
Personalization mempunyai beberapa keunggulan, antara lain kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan laba yang juga lebih tinggi. Kepuasan akan meningkat, karena perusahaan melakukan marketing mix yang relevan dengan data pelanggan.
Personalization juga memiliki beberapa kelemahan:
1.      Kekhawatiran menyerang privasi orang.
2.      Personalization ini cukup mahal karena membutuhkan data dan software yang mahal untuk melakukannya karena tergantung pada keakurat personalization itu sendiri.

Customization
Customization adalah ketika pelanggan secara proaktif memilih satu elemen marketing mix atau lebih bagi mereka. Perbandingan antara personalization adalah pelanggan yang lebih berperan banyak untuk memilih.



Manfaat yang diperoleh dari cusromization adalah kepuasan pelanggan yang lebih besar, customization order dibuat sesuai dengan keinginan pelanggan sehingga ketika pelanggan memperoleh hasil pesanan yang sesuai dengan keinginan dan ekspektasinya, maka mereka akan merasa puas.

Salah satu keunggulan potensial yang ditawarkan oleh customization adalah memberikan diferensiasi produk tersendiri.
melalui customization maka suatu produk akan memiliki diferensiasi produk tersendiri yang unik.
Customization memiliki kelemahan yakni terletak pada masalah biaya, tentunya customization memicu biaya yang lebih besar. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar